30 UKM Ikuti Penjurian Festival Kreatif Lokal 2020

 30 UKM Ikuti Penjurian Festival Kreatif Lokal 2020

Jakarta, Balikonten.com – Sebanyak 30 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mengikuti penilaian dalam Kreatif Lokal Award 2020. Mereka berasal dari seleksi 1079 pendaftar. Kreatif Lokal Award 2020 merupakan bagian dari Festival Kreatif Lokal 2020, yang diikuti oleh peserta asal Aceh, Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara Barat dan Papua.

Dari jumlah itu, 81 persen merupakan pelaku UKM dengan rentang usia produktif 21-35 tahun, dengan mayoritas dijalankan oleh perempuan.

Direktur SDM dan Marketing Adira Finance Swandajani Gunadi, yang ditemui di sela-sela acara tersebut mengatakan, penjurian final akan menggunakan variabel penilaian seperti inovasi dan kreativitas usaha, portofolio usaha, presentasi, serta dampak positif usaha mereka terhadap lingkungan sekitar dan ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia.

“Penjurian ini akan dibagi menjadi dua sesi, pertama di 18 Oktober 2020 untuk kategori Fashion, Pertunjukan dan Fotografi, serta pada 25 Oktober 2020 digelar penjurian untuk sesi kategori Kriya, Kuliner dan Video,” ujarnya.

Pada setiap sesi, kata dia, Dewan Juri akan memberikan penilaian berdasarkan motivasi peserta, hasil produk UKM dan dampaknya terhadap lingkungan sekitar, serta komitmen jangka panjang para peserta terhadap produk dan usaha mereka.

Kreatif Lokal 2020, dengan mengunjungi dan berbelanja produk-produk mereka di Bukalapak. Para pemenang Kreatif Lokal Award 2020, akan diumumkan pada 13 November 2020, bertepatan dengan malam perayaan HUT ke-30 Adira Finance.

Mereka akan berhak mendapatkan modal usaha dengan nilai total hadiah ratusan juta rupiah, business coaching dan pendampingan usaha dari Kemenparekraf, serta eksposure di media massa.

“Ini adalah kesempatan besar untuk Pelaku UKM mendapatkan exposure agar usaha mereka dikenal! Jarang ada event di mana perusahaan besar seperti Adira Finance dan Pemerintah, bekerja sama mendukung UKM dengan totalitas! Ditambah lagi dengan dukungan banyak perusahaan media di bawah Emtek,” ujar Steve Christian.

Festival Kreatif Lokal 2020 adalah kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance bekerjasama dengan Kemenparekraf RI bertemakan #BangkitBersamaSahabat yang diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021 mendatang.

BACA JUGA:  Pelindo Dorong UMKM Mendunia Lewat Pameran SME's HUB di KTT ASEAN 2023

Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Adira Finance terhadap program Kemenparekraf RI #BeliKreatifLokal dan Bangga Buatan Indonesia.

“Kita berharap lewat Festival Kreatif Lokal 2020, para pelaku UKM ini bisa terus menciptakan prestasi kinerja mengagumkan, inovasi dan kreativitas, sehingga lebih meningkatkan taraf hidup lingkungan sekitarnya sekaligus membantu perekonomian nasional,“ tambah Swandajani.

Di penghujung Festival Kreatif Lokal 2020 akan ada Konser Kreatif Lokal, tepatnya di Januari 2021, dengan rangkaian kegiatan terdiri dari Live Streaming event, Online Bazzar mengangkat produk para pemenang award, Online Workshop dan Talkshow dengan ikon kreatif sesuai dengan kategori.

Dari 30 peserta, ada 18 finalis yang berasal dari 6 kategori ekonomi kreatif. Mereka adalah Balabalabear, Ezmour, dan Semilir Ecoprint di kategori Fashion. Lalu, Baskoro Manjer Kawuryan, Congwayndut (Keroncong Wayang Gendut), dan Serumpun Lima Studio untuk kategori Pertunjukan.

Di kategori Fotografi ada, Kotak Narsis, Mball Digital, dan Smagz Studio/ Fireworks Photography.

Selain itu, di kategori Kuliner yaitu Dapur Chantique, Dewi Home Crab, dan Wayo Strawberry. Untuk kategori Video ada Aceh Documentary, Kisahbersama Studio, dan Riplay Studio. Terakhir di kategori Kriya adalah Bangsawan Indonesia Tekstil, Dekardekorshop, serta Tenuneboon. (801)

 

 

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE