Berdayakan Petani Lokal, Bupati Bersama Dandim Karangasem Panen Jagung

 Berdayakan Petani Lokal, Bupati Bersama Dandim Karangasem Panen Jagung

Foto/istimewa – Bupati Karangasem bersama Dandim 1623/Karangasem dan perwakilan Kapolres Karangasem, saat panen raya jagung.

 

Karangasem, BaliKonten.com – Memanen jagung di Desa Tegal Linggah, Karangasem, menjadi simbol perhatian Pemerintah Kabupaten Karangasem kepada kaum petani. Itu dilakukan Bupati Karangasem, IGA. Mas Sumatri, pada Senin (27/7/2020).

Jagung yang dipanen merupakan jenis hibrida, dengan luasan lahan mencapai 11,5 hektar. Lahan ini dikelola oleh Subak Bale Punduk Kaler, Desa Tegal Linggah, Kecamatan Karangasem. Sumatri mengatakan, Pemda Karangasem memberi prioritas bagi sektor pertanian.

Sebab menurutnya, pertanian merupakan sektor andalan dalam memenuhi ketahanan pangan. “Saya minta agar pertahanan pangan yang sudah baik ini dan dilanjutkan. Kalau yang belum baik mari kita tata bersama-sama dengan Subak dan petaninya,” ujar Sumatri.

Dia juga akan bersuara, agar petani karangasem mendapat perhatian utama dari pengusaha, BUMN maupun pemerintah pusat. Untuk mewujudkan kesejahteraan petani, dia meminta agar petani bersinergi bersama Pemda.

Misalnya menjelang penanaman bibit, agar mengajukan data kepada Pemda. Data itu akan disetor ke pemerintah pusat melalui dinas terkait, sehingga keperluan pertanian dapat dipenuhi pemerintah. Misalnya pengadaan pupuk dan bibit, sehingga tetap dapat yang bersubsidi.

Untuk itu Bupati mengajak para petani mulai sekarang mari mengasah pikiran dan kemampuan agar kita semua sukses menjadi petani. Panen raya itu juga turut dihadiri Dandim 1623/Karangasem, Letkol Inf Bima Santosa.

Kata dia, aksi ini juga berkaitan ketahanan pangan saat pandemi Covid-19. “Saat ini kelompok tani merupakan pasukan terdepan dalam ketahanan pangan serta dalam menghadapi pandemi. Saya harapkan para petani dapat meningkatkan kesejahteraannya dan juga masyarakat”, imbuhnya.

BACA JUGA:  Anggara Kasih Medangsia Waktu Tepat untuk Pembersihan Diri, Berikut Bantennya

Kelian Subak Punduk Kaler, I Ketut Oka, berterima kasih atas kedatangan bupati beserta jajaranya dan Dandim 1623/Karangasem. Dia menyampaikan, kendala yang dihadapi adalah fasilitas umum di subak, seperti toilet dan bendungan.

“Untuk pola tanam, kami tidak menanam padi secara terus menerus, karena terkendala air. Kami sangat berharap kepada Pemkab Karangasem dan Kodim 1623/Karangasem agar tetap memberikan bantuan secara berlanjut,” harapnya.

Dalam aksi itu, turut hadir para pejabat penting. Seperti Kapolres Karangasem diwakili Kapolsek Karangasem Kompol, I Ketut Suartika Adnyana; Kadis Pertanian, I Wayan Supandhi; Kadis Perdagangan, I Wayan Sutrisna; Plt. Kadis Pariwisata, I Putu Arnawa.

Camat Karangasem, Cokorda Alit Surya Perbawa; Danramil 1623-01/Karangasem, Kapten Inf. Arif Budi Santosa! Perbekel Bale Punduk I Gede Sudiarsa serta anggota Subak Punduk Kaler. (801)

 

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE

error: Content is protected !!