Covid-19 Di Denpasar, Klaster Pasar Berkurang

 Covid-19 Di Denpasar, Klaster Pasar Berkurang

Denpasar, Balikonten.com – Empat kelurahan di Denpasar menyumbang lima kasus positif pada Senin (17/8). Terdiri dari dua kasus di Kelurahan Pemogan, serta di Kelurahan Dangin Puri, Desa Tegal Kertha dan Pemecutan masing-masing satu kasus. Itu diungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai.

Pada hari yang sama, sepuluh pasien Covid-19 telah dinyatakan sembuh setelah melalui dua kali uji swab. Sementara, di 39 desa/kelurahan nihil penambahan kasus baru. “Angka kesembuhan dan penambahan kasus positif covid 19 di Denpasar masih fluktuatif,” ujarnya. Itu disimpulkan karena masih ditemukan penambahan kasus positif.

Dilihat dari sumber penularan, Dewa Rai menyebut kasus positif baru muncul di internal keluarga, tempat kerja dan pasien positif dengan riwayat perjalanan dalam daerah. “Klaster baru inilah yang patut kita waspadai bersama, mengingat adanya mobilitas penduduk yang cukup tinggi di Kota Denpasar,” sambungnya.

Kondisi tersebut juga menunjukkan bahw klaster transmisi lokal di pasar tradisional mulai berkurang. Sebelumnya, kasus banyak ditemukan di pasar, lantaran para pedagang dan masyarakat yang berkunjung ke pasar belum disiplin menerapkan protokol kesehatan. Maka dia mengajak masyarakat lebih waspada dan disiplin menerapkan protokol.

“Pencegahan dan penanganan Covid-19 ini terdapat dua cara. Yakni tracing masif yang agresif disertai tes dan isolasi, serta kesadaran masyarakat untuk melaksanakan pencegahan dengan penerapan protokol kesehatan.

Maka data terbaru, jumlah pasien sembuh di Kota Denpasar menjadi 1.370 atau (93,39 persen), 14 atau (0,95 persen) orang meninggal dunia, dan 83 atau (5,65 persen) orang masih dalam perawatan. Sementara itu, angka kumulatif kasus positif tercatat sebanyak 1.467 kasus. (801).

 

BACA JUGA:  Jaga Kekompakan, Dharma Wanita Persatuan Universitas Udayana Senam BL dan Aerobik

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE

error: Content is protected !!