Dukung Program Donor Konvalesen, Kodam Telah Sumbang 464 Penyintas 

 Dukung Program Donor Konvalesen, Kodam Telah Sumbang 464 Penyintas 

Salah satu anggota Kodam IX/ Udayana yang juga penyintas Covid-19 menjalani donor plasma konvalesen.

Denpasar, Balikonten.com – Sejak Bali menerapkan donor konvalesen pada Agustus 2020, hingga saat ini, Kodam IX/ Udayana telah menyumbangkan 464 prajurit penyintas Covid-19.

Mereka mendonorkan plasmanya setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19 oleh petugas medis.

Data itu diungkap Pangdam IX/ Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak dalam donor darah dan konvelesen serangkaian HUT ke 59 Badan Kekeluargaan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, pada Minggu (21/2) di Gedung Cakra Vidhya Usadha FK Unud Kampus Sudirman Jl. PB Sudirman, Denpasar.

Pangdam menjelaskan bahwa bagi Prajurit TNI donor plasma bukan lah kewajiban. “Tetapi kita bisa mengajak untuk mendonorkan darahnya. Kalau kita bersedia berkorban jiwa dan raga, terbukti sekarang sudah ada 464 orang prajurit yang sudah mendonorkan plasmanya khususnya di Provinsi Bali,” kata Pangdam.

Selain terapi plasma, menurutnya yang tak kalah penting adalah menyosialisasikan bahwa Covid-19 berkembangnya begitu cepat. Maka seluruh elemen harus bersatu padu menekan penularan Covid-19.

“Semua orang harus mengerti kalau ada satu orang yang kena tidak melaksanakan isolasi, maka efeknya sangat luar biasa menyebarkan Virus Covid-19 tersebut,” ujarnya.

Maka menurutnya edukasi pengenalan dan pencegahan Covid-19 harus gencar dilakukan kepada masyarakat.

Rektor Unud Prof. Dr.dr. Anak Agung Raka Sudewi menyebut kegiatan ini untuk membantu para pasien Covid-19, mengingat kasus positif di Bali masih terus bertambah.

Dia mengapresiasi langkah yang dilakukan Fakultas Kedokteran Unud itu. Selain meningkatnya intensitas donor darah dan konvalesen, program vaksinasi Covid-19 juga menjadi harapan baru bagi masyarakat Bali.

“Mudah-mudahan langkah-langkah ini dapat memberikan kekebalan kepada masyarakat sehingga kasus Covid-19 dapat segera ditanggulangi dan mudah-mudahan segera berlalu,” tuturnya. (801)

 

BACA JUGA:  Jenderal Andika Perkasa Tinjau Fasilitas Kesehatan Bali untuk G-20, Kakesdam : "Beliau Terkesan”

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE