HUT ke 59 BPD Bali, Bunda Putri Ingatkan Tetap Edukasi UMKM dan IKM

 HUT ke 59 BPD Bali, Bunda Putri Ingatkan Tetap Edukasi UMKM dan IKM

Bunda Putri hadir dalam perayaan HUT ke 59 BPD Bali. Ia memotivasi agar BPD Bali tetap mengedukasi UMKM dan IKM.

Denpasar, Balikonten.com – Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Putu Putri Suastini Koster berpesan agar BPD Bali tetap rajin mengedukasi UMKM dan IKM. Pesan itu disampaikan Bunda Putri untuk mengisi 59 tahun BPD Bali. 

 

“Ke depan, perlu diperkuat konsep segitiga sama sisi, yakni dari sektor pariwisata, sektor pertanian dan UMKM/ IKM Bali untuk saling menopang, di mana ketika pariwisata terpuruk makan masih ada dua sektor, yakni pertanian dan UMKM/IKM, yang berdiri tegak,” ujar Bunda Putri, dalam peringatan HUT Sabtu (15/5) di Art Center, Denpasar.

 

Dia meminta kepada Direksi Bank BPD Bali agar tidak hanya berlaku sebagai penyedia modal bagi pengembangan UMKM/ IKM saja. 

 

Namun juga membantu pemerintah dalam menyiapkan arena dan peluang dalam mengedukasi pelaku UMKM/ IKM dari segi managemen produksi dan juga pemasaran yang sehat di tengah persaingan pemasaran digital.

 

“Hal ini mengingat begitu banyaknya produksi kain tenun khas Bali di luar bali, yang mengakibatkan Bali semakin hari semakin kehilangan generasi penerus sebagai tenaga kerja penenun kain tradisional,” tutur pejabat yang juga seniman sastra itu. 

 

Untuk itu, menurutnya perlu untuk menjaga warusan budaya berupa kain tenun tradisional khas wilayah dan kabupaten masing-masing. Dengan produksi yang berkualitas maka harga juga secara otomatis akan mengikuti. 

 

Dengan kesejahteraan yang meningkat, maka generasi penerus tenun tradisional akan tertarik untuk meneruskan warisan mereka, terlebih setiap wilayah mengeluarkan perarem (aturan) penggunaan kain tenun produksi lokal mereka. 

 

“Contohnya seperti daerah Tenganan yang mewajibkan warganya untuk menggunakan kain tenun endek produksi wilayah mereka saat upacara adat,” tegasnya.

BACA JUGA:  Pegadaian Motorcycles Club Denpasar Salurkan Ratusan Paket Sembako di Susut Bangli  

 

Direktur Utama Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma mengatakan, serangkaian peringatan HUT juga digelar lomba paduan suara yang dikolaborasikan dengan penggunaan kain endek.

 

Ini sejalan dengan salah satu program dalam membangkitkan karya kreativitas UMKM / IKM yang merupakan warisan budaya Bali yang juga sudah memiliki hak kekayaan intelektual komunal, sehingga hal ini menjadi fokus dalam peringatan HUT ke-59 Bank BPD Bali. 

 

Pihaknya juga mengajak seluruh karyawan Bank BPD Bali untuk turut mendukung bangkitnya UMKM/ IKM Bali dengan mengunjungi pameran IKM di areal art center. Karena kain tenun endek memiliki nilai dan kualitas yang sangat bagus dan modis untuk digunakan. (Red)

 

 

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE

error: Content is protected !!