Konsisten Gairahkan UMKM Kala Pandemi, Dekranasda Bali Tuai Apresiasi dari Akademisi Unud

 Konsisten Gairahkan UMKM Kala Pandemi, Dekranasda Bali Tuai Apresiasi dari Akademisi Unud

Foto/ istimewa – Prof. Ramantha (kanan) bersama Putu Putri Suastini dalam pertemuan di Denpasar.

Denpasar, Balikonten.com – Upaya Dekranasda Bali dalam mengedukasi para pelaku UMKM agar serius menggarap konsumen lokal kala pandemi mendapat apresiasi. Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNUD Prof. Dr. I Wayan Ramantha menilai langkah itu tepat.

Menurut pengamat ekonomi ini, program Dekranasda Bali itu tidak lepas dari pemikiran Ketua Dekranasda Bali, Putu Putri Suastini Koster.

Dia juga menilai sosok Putri Suastini yang selalu menggunakan produk lokal dalam setiap kunjungan menambah kepercayaan diri pelaku UMKM. “Ketika pakaian itu dikenakan oleh seorang Ibu Gubernur, secara tidak langsung beliau sudah mempromosikan produk tersebut. Ini promosi gratis,” ucapnya dalam sebuah pertemuan di Denpasar.

Semangat lainnya ditunjukkan melalui pameran IKM Bali Bangkit yang digagas Dekranasda Bali. Ramantha menyebut itu menjadi prototype bagi kabupaten/kota untuk melaksanakan hal serupa.

Menanggapi apa yang disampaikan Prof Ramantha, Putri Suastini menyampaikan bahwa apa yang dilakukannya adalah bagian dari tanggung jawab yang diembannya sebagai Ketua Dekranasda.

“Salah satu tugas utama Dekranasda adalah menjembatani pelaku UMKM dengan konsumen. Dalam melaksanakan tugas itu, ia membangun sinergi dengan OPD terkait yaitu Diperindag Provinsi Bali,” ungkapnya.

Lebih jauh istri orang nomor satu di Bali ini menuturkan, pendemi Covid-19 berdampak serius bagi pelaku UMKM di Pulau Dewata.

Salah satu pelajaran yang bisa dipetik dari pandemi adalah kita diingatkan kembali pada alam, demikian halnya dalam proses produksi kerajinan seperti kain tenun lokal. “Kita dijauhkan dari bahan kimia. Semua kain yang diproduksi berbahan dari alam,” imbuhnya. (801)

 

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE

error: Content is protected !!