LPPM Unud Konsisten Gelar Program KKN – PPM, Miliki Empat Program Kerja Strategis

 LPPM Unud Konsisten Gelar Program KKN – PPM, Miliki Empat Program Kerja Strategis

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana secara berkesinambungan menggelar program KKN – PPM yang memiliki empat progra kerja.

Denpasar, Balikonten.com – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana secara berkesinambungan menggelar program KKN – PPM yang memiliki empat progra kerja.

 

Keempat proker tersebut diantaranya adalah proker di bidang kesehatan masyarakat, peningkatan produksi, prasarana fisik dan sosial budaya. Proker – proker diatas adalah proker waPengaturanjib dilaksanakan, dan dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat.

 

Mahasiswa KKN yang berlokasi di Desa Ped, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali melakukan Edukasi Mengenai Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) kepada murid – murid di SDN 1 Ped sebagai proker di bidang kesehatan masyarakat.

 

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 dan 26 Juli 2022, yang diikuti oleh Kepala Desa Ped, Kepala Sekolah SDN 1 Ped, wali kelas dan murid kelas empat, lima, enam serta mahasiswa KKN – PPM Unud yang bertugas di Desa Ped. Kegiatan ini berlangsung dengan baik, dimana murid – murid mengikuti dengan antusias dan mampu mempraktekkan bagaimana cara mencuci tangan dan menggosok gigi dengan baik dan benar. Kegiatan diselesaikan dengan menempelkan poster dan pemberian masker.

 

Proker kedua adalah proker di bidang peningkatan produksi. Proker ini memiliki tema Sosialisasi Pupuk Kandang (Kompos) dan Penyuluhan Pakan Ternak Alternatif Silase. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, Tanggal 21 Agustus 2022, bertempat di Ruang Rapat Kantor Desa Ped. Kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini dihadiri oleh Kepala Desa Ped dan perwakilan Sekaa Teruna Teruni Desa Ped. Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi penggunaan pupuk kandang (kompos), lalu dilanjutkan dengan penyuluhan pakan ternak alternatif serta praktek pembuatan pakan ternak silase yang dilakukan di sekolah di belakang Kantor Desa Ped. 

BACA JUGA:  Dekan FK Unud Terima Kunjungan Benchmarking FK Universitas Halu Oleo Sulawesi Tenggara

 

Proker ketiga adalah proker di bidang prasarana fisik. Kegiatan yang dilakukan adalah melakukan pengadaan tempat sampah organik dan anorganik, serta pembuatan banner tentang pentingnya pemilahan sampah. Kegiatan ini dilakukan selama dua minggu awal kegiatan KKN – PPM. Keunikan dari pengadaan tong sampah ini adalah bahan yang digunakan berasal dari bahan batang bambu yang didapatkan dari lahan warga Desa Ped dan dibuat sendiri oleh para mahasiswa KKN.

 

Tempat sampah dibuat sebanyak 14 buah yang tersebar di tujuh lokasi berbeda, dimana masing – masing lokasi tersebut mendapat dua tempat sampah (organik dan anorganik). Adapun 7 lokasi tersebut adalah, TK Negeri Pembina Nusa Penida, SD Negeri 1 Ped, SMP Negeri 2 Nusa Penida, SMA Negeri 1 Nusa Penida, SMK Negeri 1 Nusa Penida, Kantor Kepala Desa Ped, dan Puskesmas Pembantu Desa Ped. Disamping itu, dilakukan pemasangan banner tentang pentingnya memilah sampah organik dan anorganik, banner tersebut dipasang di dua lokasi yang berbeda, yaitu di SD Negeri 1 Ped dan Pasar Desa Ped.

 

Proker terakhir adalah proker di bidang sosial, budaya dan pendidikan. Terdapat lima kegiatan dalam bidang ini, yaitu, Program Dampingan Guru di TK Negeri Pembina Nusa Penida, Program Melajah Sareng Udayana, Lomba 17 Agustus di SD Negeri 1 Ped, Sosialisasi Anti Pelecehan Seksual di SMP Negeri 2 Nusa Penida, dan Pembuatan Video Promosi Wisata Desa Ped. Program Guru Dampingan di TK Negeri Pembina Nusa Penida ini memiliki tujuan untuk membantu para guru untuk melaksanakn proses pembelajaran di TK Negeri Pembina Nusa Penida. Kegiatan ini dilaksanakan satu kali dalam seminggu, yaitu hari Rabu, yang melibatkan 110 siswa dan siswi.

BACA JUGA:  RS Universitas Udayana Sediakan Layanan KB Gratis

 

Program kedua adalah Melajah Sareng Udayana. Dalam kegiatan ini juga memiliki tujuan untuk membantu para guru untuk melaksanakan proses belajar mengajar di SD Negeri 1 Ped. Kegiatan ini juga dilaksanakan sekali dalam seminggu, yaitu hari Jumat, yang melibatkan murid di kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Program ketiga adalah Lomba 17 Agustus di SD Negeri 1 Ped. Kegiatan ini adalah perwujudan rasa syukur dan acara “wajib” dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 77.

 

Lomba yang dilakukan antara lain lomba makan kerupuk, pesan berantai, cerdas cermat, balap karung dan estafet tepung. Kegiatan ini mendapat sambutan yang hangat dan antusiasme yang tinggi dari para peserta yang mengikuti acara. Program keempat adalah Sosialisasi Anti Pelecehan Seksual di SMP Negeri 2 Nusa Penida. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 19 Agustus 2022, yang dihadiri oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Nusa Penida, murid – murid SMP Negeri 2 Nusa Penida dan mahasiswa KKN PPM Unud.

 

Kegiatan ini diikuti dengan sangat antusias dan responsif dengan sosialisasi yang diberikan, sehingga para peserta lebih memahami terkait pelecehan seksual dan diharapkan mampu mencegah dan menghentikan pelecehan seksual yang terjadi di sekitar mereka terutama di lingkungan sekolah.

 

Kegiatan sosialisasi anti pelecehan seksual ini diakhiri dengan dokumentasi dan pemasangan poster anti pelecehan seksual pada majalah dinding (mading) dan ruang guru SMP Negeri 2 Nusa Penida.

 

Program terakhir adalah Pembuatan Video Promosi Wisata Desa Ped. Dalam rangkaian pelaksanaan program kerja ini melibatkan beberapa pihak seperti pemilik tempat wisata kuliner, pengelola tempat wisata bahari, serta mangku tempat wisata religi.

Proker 1. Bidang Kesehatan Masyarakat

BACA JUGA:  FKH Unud Jaga Sinergi Bersama BPTP, Ajak Wujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi

 

Proker 2. Bidang Peningkatan Produksi

 

Proker 3. Bidang Prasarana Fisik

 

Proker 4. Bidang Sosial Budaya Pendidikan

 

Sumber : Unud.ac.id

 

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE