Luhut Ingatkan Pemda Evaluasi Penginputan Data Pasien Covid-19

 Luhut Ingatkan Pemda Evaluasi Penginputan Data Pasien Covid-19

­Denpasar, Balikonten.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan mengingatkan Satgas Covid-19 di daerah agar mengevaluasi peinginputan data pasien Covid-19. Itu dia sampaikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) melalui video, Jumat (30/10).

Rakor itu juga diikuti oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya. Ada empat evaluasi yang ia petakan. Pertama, selain upaya dari pusat, kerjasama dari Pemda sangat dibutuhkan dalam hal memastikan akurasi dan kelengkapan data yang di-input setiap hari.

“Bukan hanya hasil Lab positif prioritas di-input tetapi juga hasil Lab yang negatif, suspek, angka kesembuhan, dan seterusnya,” ungkapnya. Kedua, memastikan kecukupan tenaga penginput data di laboratorium dan fasilitas kesehatan agar data tidak menumpuk.

Sebab kata dia, sering kali hasil Lab lama keluar bukan karena proses pemeriksaannya itu sendiri melainkan karena antrian input data. Ketiga, mendorong kepatuhan input data oleh fasilitas kesehatan dan laboratorium secara bertahap mulai dari surat edaran hingga pemberian sanksi jika diperlukan.

Keempat, menyelesaikan antrian data yang belum di-input ke sistem NAR dengan dapat mengerahkan tenaga tambahan untuk mengejar input data. Diakhir Rakor, Menko Marves RI mengajak semua unsur terkait untuk tetap melaksanakan antisipasi dan bekerja dengan menitik beratkan pada faktor kemanusiaan.

“Namun kita harus tetap melaksanakan tugas-tugas kita dengan baik terutama dalam hal pendisiplinan protokol kesehatan kepada masyarakat. Dalam pelaksanaan testing dan tracing harus tetap dilaksanakan dengan tepat sasaran,” tutupnya. (801)

 

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE