Luhut Ingatkan Pengawasan Penerapan Prokes Diperketat

 Luhut Ingatkan Pengawasan Penerapan Prokes Diperketat

­Denpasar, Balikonten.com – Penerapan protokol kesehatan secara disiplin menjadi harapan satu-satunya dalam menangani pandemi Covid-19. Maka, pemerintah terus menyosialisasikan pendisiplinan di tengah masyarakat melalui aparat TNI dan Polri, beserta aparat terkait lainnya.

Pesan itu disampaikan Menko Bidang Maritim dan Investasi RI Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan dalam rapat koordinasi melalui daring yang turut dihadiri Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Kurnia Dewantara, Senin (5/10) malam. Kendati begitu, dia menilai masih ada masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

“Payung hukum sudah dikeluarkan pemerintah pusat maupun daerah, saya harapkan petugas di lapangan bisa lebih tegas dalam menerapkan protokol kesehatan terhadap pelanggar tersebut, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ucap Menteri Luhut.

Dia menekankan agar para petugas juga melakukan sosialisasi yang intensif tentang perubahan perilaku masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut agar dilaksanakan secara optimal dan tetap bersinergi dengan semua pihak termasuk melibatkan aparat dari TNI-Polri.

Pangdam, saat itu menyampaikan bahwa Kodam IX/Udayana dan jajaran telah mengefektifkan pengerahan pasukan untuk membantu pemerintah daerah dan Polda bali dalam melaksanakan pendisiplinan protokol Kesehatan terhadap masyarakat Bali dengan tetap mempedomani faktor efisiensi dalam penerapannya tersebut.

Sedangkan untuk sistem pelaporan pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 termasuk jumlah pasien OTG, ODP dan PDP serta yang sembuh dan juga yang meninggal dunia, telah disesuaikan dengan sistem pelaporan yang ditetapkan dari Menkes RI.

“Penggunaan aplikasi pelaporan jumlah pasien yang terdampak Covid-19, baik yang dalam perawatan, sembuh dan meninggal, telah disesuaikan dengan sistem pelaporan yang ditetapkan dari Menkes RI dan dari Mabes TNI, sehingga data yg dilaporkan dan diterima oleh satuan atas senantiasa update dan akurat,” kata Pangdam. (801)

 

BACA JUGA:  Pasca Pergantian Tahun, Satgas Enforce di Bangli Tetap Awasi Objek Wisata

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE

error: Content is protected !!