Pangdam Sebut Edukasi Pencegahan Covid-19 dan Donor Konvalesen Mesti Digencarkan

 Pangdam Sebut Edukasi Pencegahan Covid-19 dan Donor Konvalesen Mesti Digencarkan

Pangdam bersama jajaran pimpinan di Fakultas Kedokteran Unud dalam aksi donor darah dan donor plasma konvalesen.

Denpasar, Balikonten.com – Meski tambahan positif Covid-19 di Bali terbilang stabil sejak sebulan terakhir, edukasi soal pencegahan tetap harus digencarkan.

Pesan itu diutarakan Pangdam IX/ Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak dalam donor darah dan konvelesen serangkaian HUT ke 59 Badan Kekeluargaan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Minggu (21/2).

Dalam kegiatan yang berlangsung di Gedung Cakra Vidhya Usadha FK Unud Kampus Sudirman Jl. PB Sudirman, Denpasar itu Pangdam juga mengajak peserta mendukung pencegahan penularan Covid-19 dan donor konvalesen.

Ada tiga hal penting yang ia sampaikan saat itu. Pertama, tugas utama yang harus kita kerjakan adalah bagaimana membuat orang mengerti terkait bahaya Covid-19, agar masyarakat harus paham karena kita melawan penyakit yang tidak kelihatan.

Kedua, mengajak masyarakat agar tidak ragu untuk melakukan tahapan apabila terpapar Covid-19. Misalnya, apabila seorang yang positif Covid-29 memiliki komorbid harus dirawat di rumah sakit. Dan terakhir, melakukan penanganan medis kepada pasien dengan komorbid.

“Saat ini adalah situasi darurat, situasi pandemi yang luar biasa. Maka kita juga harus bekerja luar biasa dan meluangkan waktu secara luar biasa untuk menghadapi pandemi ini,” ujar Pangdam.

Dia menilai semua orang punya peran dalam mengendalikan pandemi. Baik peran untuk melakukan sesuatu maupun peran untuk mencegah, sehingga tidak menjadi penular.

Dekan FK Unud, Prof. Dr. dr. I Ketut Suyasa, SpB, SpoT(K) menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sudah sebanyak dua kali, untuk yang pertama dilaksanakan di Desa Seraya dan yang kedua di Fakultas Kedokteran Udayana. (801)

 

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE