Sejahterakan Masyarakat Desa, Koster Apresiasi TMMD 109

 Sejahterakan Masyarakat Desa, Koster Apresiasi TMMD 109

Denpasar, Balikonten.com – Pukulan gong oleh Sekda Denpasar, AAN. Rai Iswara, menandai pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa yang disingkat TMMD, ke 109 Tahun Anggaran 2020, Selasa (22/9) di Desa Wisata Kertalangu, Denpasar timur. Kala itu, Rai Iswara mewakili Walikota Denpasar yang ditugaskan Gubernur Bali, Wayan Koster.

TMMD yang digelar Kodim 1611/ Badung ini digelar di Dusun Kertajiwa, Desa Kertalangu, Denpasar Timur. Sasaran fisik dari kegiatan ini merupakan pembangunan akses jalan bagi masyarakat setempat, serta renovasi dua rumah warga. “Program ini tentu berbeda dari pelaksanaan sebelumnya, karena berlangsung saat pandemi,” ujar Sekda.

Apresiasi itu lantaran kegiatan ini mendukung meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. “TMMD ini efektif mewujudkan pembangunan desa. Meningkatnya kesejahteraan masyarakat desa serta menanggulangi kemiskinan, melalui pemenuhan kebutuhan dasar pembangunan, serta pemanfaatan potensi desa,” pandang Koster.­

Menurut Koster, kegiatan yang berlangsung rutin ini membuktikan jelas bahwa TMMD bermanfaat dan dibutuhkan masyarakat. “Dan bahwa saat ini kita menghadapi masa berat menghadapi pandemi, namun program ini masih tetap dilaksanakan, tentu telah melalui pertimbangan matang,” ungkapnya Rai Iswara di hadapan para hadirin.

Dari pelaksanaan TMMD 109 ini, dia berharap dapat memincu motivasi masyarakat dengan memacu semangat baru, jiwa baru dan mengdepankan budaya gotong royong. Ini juga sesuai dengan visi Nangun Sat Kerti Loka Bali yang esensisnya menjaga kesucian dan keharmoniasan Bali dan isinya.

Dandim 1611/Badung Kolonel Inf I Made Alit Yudana menjelaskan, TMMD dilaksanakan selama 30 hari 22 September 2020 dan ditutup pada 21 Oktober 2020. Kegiatan fisik berupa pembangunan jembatan yang menghubungkan Jalan Ulun Carik dengan Jalan Bakung 1 Banjar Kertajiwa dengan spesifikasi panjang 3 meter, lebar 2 meter dan jumlah 2 unit.

Selain itu, perabatan jalan Ulun Carik hingga depan Pura Kahyangan sepanjang 150 meter dengan volume 180 meter kubik dan perabatan galiran subak hingga empelan subak embung sepanjang 350 meter dengan volume 420 meter kubik dan lebar 1,20 meter. (801)

BACA JUGA:  Awali Tugas, Dandim Simakrama dan Sembahyang ke Pura Batur

 

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE

error: Content is protected !!