Tentara dan PNS Kodim Gianyar Ikuti Penyuluhan UU ITE

 Tentara dan PNS Kodim Gianyar Ikuti Penyuluhan UU ITE

Gianyar, Balikonten.com – Memahami Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik menjadi landasan untuk bijak memanfaatkan media sosial. Hal itu menjadi latar belakang berlangsung penyuluhan tentang UU ITE di Kodim 1616/ Gianyar, Rabu (9/9) di Aula TNI Manunggal Rakyat.

Kasdim 1616/Gianyar, Mayor Inf Hery Sulasto menyebutkan penyuluhan ini diikuti para tentara dan PNS di lingkup Kodim 1616/Gianyar. “Ini memberi pemahaman kepada prajurit, PNS dan keluarga terkait penggunaan media sosial dalam menghadapi tugas-tugas,” sebut Kasdim.

Ditambahkannya, penyuluhan ini merupakan bagian program pembinaan mental bagi Prajurit TNI dan PNS, khususnya di jajaran Kodim 1616/Gianyar dan Kanminvetcad-22/Gianyar. “Penyuluhan hukum ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran hukum dalam diri setiap Prajurit dan PNS,” sambungnya.

Sementara itu Ketua Tim Pemulihan, Mayor Chk Harri Santoso, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program tahunan dari Kumdam IX/Udayana. Kata dia, Babinsa sebagai ujung tombak satuan teritorial yang bersentuhan langsung dengan masyarakat minimal punya wawasan tentang peraturan-peraturan.

Materi yang diberikan pada penyuluhan hukum kali ini yaitu terkait undang-undang informasi dan transaksi elektronik (ITE) karena kita ketahui bersama bahwa dengan banyaknya penggunaan telepon pintar yang sudah menjadi kebutuhan, maka penggunaan media sosial juga sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita.

“Jadi kita harus bijak dalam menggunakannya terutama dengan kemudahan informasi yang kita dapat dari akses internet”, sebutnya. Pembawa materi, Letda Chk Indra Prakoso, menjelaskan Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik itu mengatur perbuatan yang dilarang.

Bijak dalam penggunaan media sosial, berita bohong atau hoax, pencemaran nama baik, konten SARA, dan konten pornografi serta dijelaskan juga sanksi hukum yang akan diterima bagi siapapun apabila ada pelanggaran terhadap aturan undang-undang tersebut.

“Sebagain besar Prajurit TNI dan PNS saat sekarang ini pasti menggunakan media sosial, oleh karena itu bijaklah dalam menggunakannya, jangan sampai terjerat oleh sanksi yang diatur dalam Undang-Undang ITE tersebut”, pungkasnya. (801)

BACA JUGA:  Koramil Sidemen Awasi Penerapan Prokes di Pasar

 

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE