“Pamurtian Sang Hyang Baruna” Juarai Lomba Ogoh-ogoh Mini Stikom, Ternyata Begini Keunggulannya

 “Pamurtian Sang Hyang Baruna” Juarai Lomba Ogoh-ogoh Mini Stikom, Ternyata Begini Keunggulannya

Ogoh-ogoh yang menjuarai lomba ogoh-ogoh mini Stikom Bali/ Balikonten

Denpasar, – Institut Teknologi dan Bali menggelar pada (7/3). mini bertema Pamurtian Sang Hyang Baruna keluar sebagai 1.

Apa sih keunggulannya? Pemilik karya, I Gede Gana Palguna Winayaka menerangkan ogog-ogoh ini digarap dalam 11 bulan dengan anggaran sekitar Rp 1,5 juta.

Keunikan ogoh-ogoh ini adalah digerakan dengan teknologi bluetooth yang terhubung dengan handphone dan cukup dengan menyebut vitur apa yang ingin digerakan, maka secara otomatis bagian tertentu atau keseluruhan ogoh-ogoh ini bergerak dan dikolaborasikan dengan cahaya yang menyertainya.

“Misalnya, menyebut “cakra”, maka cakra di balik punggung ogoh-ogoh ini bergerak, menyebut “senjata” maka senjta di tangannya akan bergerak. Menyebut “baruna”, maka baruna di bawah kaki ogoh-ogoh akan berputar. Menyebut “semua” maka semua bentuk ogoh-ogoh ini bergerak,” terang Gana Palguna, siswa kelas XI SMAN 1 .

“Jadi, saya buat ogoh-ogoh ini waktu saya kelas X, sekarang saya kelas XI baru selesai,” lanjutnya. Gana Palguna menambahkan, idenya membuat ogoh-ogoh ini karena terispirasi dangan larangan tahun lalu sebagai akibat Covid 19.

Untuk kategori mesin, I Gede Gana Palguna Winayaka dengan “Pamurtian Sang Hyang Baruna” keluar sebagai juara 1 dengan nilai 169. “Bukan Teman Biasa” di urutan kedua dengan nilai 168 dan juara tiga diraih oleh I Komang Agus Wiweka Tri Putra dengan nilai 167.

Sedangkan kategori nonmesin, juara 1 diraih oleh Dodi Wirawan dengan nilai 133, Gana Palguna meraih juara 2 dengan nilai 128, dan Gus Dwik meraih juara 3 dengan nilai 128.

Ketua panitia pameran dan lomba ogoh-ogoh mini I Gusti Ngurah Ida Pradnyana menjelaskan, ide awalnya karena mereka merespon situasi pandemi Covid 19 dan ada larangan menggelar pawai ogoh-ogoh.

“Dari situlah kami berkolaborasi dengan pemkota Denpasar untuk menggelar pameran dan lomba ogoh-ogoh mini dengan melibatkan peserta dari seluruh Bali. Tercatat ada 45 peserta, terdiri dari 26 ogoh-ogoh nonmesin dan 19 ogoh-ogoh mesin,” terangnya. (801)

BACA JUGA:  Duta Kabupaten Badung Tampilkan Dharma Cakra Wastra di Pesta Kesenian Bali 2024

 

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE

error: Content is protected !!