Program Padat Karya, Desa Dauh Puri Kaja Genjot Ketahanan Pangan

 Program Padat Karya, Desa Dauh Puri Kaja Genjot Ketahanan Pangan

Sejumlah warga menanam bibit tanaman sebagai implementasi program ketahanan pangan.

Denpasar, Balikonten.com – Untuk memberdayakan masyarakat yang menganggur, Desa Dauh Puri Kaja membuat Program Padat Karya Tunai berupa ketahanan pangan yakni menanam berbagai jenis sayur, pohon pepaya, jagung dan lain sebaginya.

 

Perbekel Desa Dauh Puri Kaja Gusti Ketut Sucipta mengaku program padat karya tunai sengaja memilih ketahanan pangan, karena dampak pandemi covid 19, banyak warganya yang menganggur karena kehilangan pekerjaanya. Dengan tidak bekerja maka akan sulit untuk memenhui kebutuhan pokoknya. ” Untuk memperdayakan warga yang menganggur pihaknya membuat program padat karya tunai berupa ketahanan pangan dengan menanam aneka jenis sayuran, jagung pepaya dan lain lain,” ungkap Sucipta

 

Dengan Program Padat Karya Tunai warga yang menganggur diperdayakan untuk menanam ketahanan pangan seperti sayur, jagung, pepaya dan lain sebagainya. Program padat karya tunai ini melibatkan 24 orang warga yang tidak memiliki pekerjaan.

 

Warga yang terlibat dalam program ini, pertama mereka harus memperiapkan lahan terlebih dahulu, setelah itu mereka yang langsung menanam dan melakukan perawatan hingga panen. Hasil panennya mereka bisa jual maupun dikomsumsi langsung oleh warga khususnya bagi warga yang terlibat dalam pogram ini.

 

“Mengingat dalam program ini lahannya meminjam dari warga. Sehingga hasilnya dibagi beberapa persen juga diberikan kepada pemilik lahan yang digunakan, sebagai ungkapan terima kasih,” kata Sucipta.

 

Lebih lanjut ia menambahkan program ketahanan pangan sengaja dipilih dalam program Padat Karya Tunai sesuai tujunnya, yakni program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

BACA JUGA:  Sinergi Bersama TNI-Polri, Kecamatan Petang Pertahankan Intensitas Sidak Prokes

 

Dengan program seperti ini diharapkan bisa memenuhui kebutuhan pangan masyarakat khususnya yang menganggur. Secara tidak langsung Sucipta mengaku program ini juga mendukung program Hatinya PKK yakni memenuhui kebutuhan gizi masyarakat serta dapat mengurangi angka stunting di Denpasar. (Red)

 

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE