Program Keuangan Berkelanjutan Bank BPD Bali, Jaga Lingkungan Lewat Sektor Ekonomi
Ukur Dampak Kredit Terhadap Lingkungan Mulai 2026

 Program Keuangan Berkelanjutan Bank BPD Bali, Jaga Lingkungan Lewat Sektor Ekonomi Ukur Dampak Kredit Terhadap Lingkungan Mulai 2026

Program Keuangan Berkelanjutan Bank BPD Bali, Jaga Lingkungan Lewat Sektor Ekonomi /Balikonten

DENPASAR, .COM – Direktur Utama(Dirut) Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma SH MH berkomitmen untuk ikut menjaga lingkungan dan alam agar tetap hijau dan mendukung .

 

Spirit itu diwujudkan dengan meluncurkan Program Berkelanjutan, sekaligus  logo dan tagline-nya bertempat di Aula Lantai III Kantor Pusat Bank BPD Bali, di Jalan Puputan, Rabu(2/10).

 

Hadir dalam peluncuran Program Keuangan Berkelanjutan Bank BPD Bali, jajaran Dewan Komisaris, Direksi, Kepala Divisi, Kepala Cabang dan lainnya.

BACA JUGA:  Program Badai Emas, Pegadaian Sediakan Hadiah 3 Miliar untuk Nasabah 

“Program Berkelanjutan Bank BPD sebenar sudah lama berjalan, dari tahun 2019. Menyesuaikan dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan(POJK) Nomor 51/2017, tentang Keuangan Berkelanjutan,” ujar Sudharma.

 

Melalui aksi ini, ia mengajak masyarakat, untuk ikut menjaga dan melestarikan lingkungan yang merupakan salah satu misi Bank BPD Bali, yakni memperhatikan aspek lingkungan, secara luas, baik lingkungan sosial maupun lingkungan lainnya, serta budaya adat istiadat.

BACA JUGA:  Tahun 2022, Bank BPD Bali Genjot Penyaluran Kredit Hingga Rp20,15 Triliun

Terkait aspek lingkungan Nyoman Sudharma mengatakan sampai saat ini, BPD Bali sudah menyalurkan kredit kepada usaha-usaha yang ramah lingkungan.

 

Diharapkan  usaha-usaha yang ramah lingkungan menjadi pendorong, dalam rangka implementasi  program Pemprov Bali, transformasi ‘ Kerthi Bali’, dengan tagline ‘Hijau Tangguh dan Sejahtera’.

BACA JUGA:  Jokowi dan Ma'Ruf Amin Lapor Pajak Tahunan Secara Elektrik

Hal itu selaras dengan kearifan lokal yang ada di Bali, yakni Hita Karana.

Nyoman Sudharma mengajak  masyarakat, untuk menjaga dan melestarikan lingkungan, sehingga membantu alam menjadi baik, stabil kembali.

 

Ia menyebut, upaya perlindungan lingkungan juga dilakukan dalam aspek ekonomi.

 

Hal ini menyambung kebijakan OJK pada tahun telah mengeluarkan CRMS(Climate Risk Management & Scenario Analysis)  untuk mengukur dampak lingkungan dari debitur yang dibantu perbankan (kreditnya).

BACA JUGA:  BPR Kanti Gelar Pertemuan Bareng Relasi, Beberkan Prestasi Selama 2023 Hingga Umumkan Undian Mobil 

“Setiap debitur yang dibantu, akan diukur  berapa dampaknya terhadap lingkungan yang akan berlaku mulai tahun 2026 secara bertahap,” ungkapnya.

 

Bank BPD Bali telah mempersiapkan ‘Persiapan Panduan dan juga pembekalan kepada SDM-SDM Bank BPD Bali secara komprohensif. Logo dan Tagline yang diluncurkan dari Program Keuangan Berkelanjutan Bank BPD Bali, adalah ‘Hijau Lestari Bersama Bank BPD Bali’.

 

Dalam peluncuran Program Keuangan, Logo dan Tagline tersebut, diserahkan bibit pohon sandat kepada perwakilan para nasabah, sebagai simbolis kepedulian, menjaga kelestarian lingkungan.

 

Ni Ketut Budasri, salah seorang nasabah asal Klungkung mengapresiasi program menjaga lingkungan dari Bank BPD Bali. “Ini sangat bagus sekali, saya sebagai nasabah mendukung, semoga Bank BPD Bali, semakin sukses dan maju, membantu masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA:  Pemerintah Tunjuk 161 Pelaku Usaha Legal Jadi Pemungut PPN

Pelaksanaan dilakukan pada bulan Oktober yang merupakan Bulan Inklusi Keuangan yang ditetapkan OJK.

 

Dimana pada bulan Oktober, diharapkan seluruh industri jasa keuangan, baik itu perbankan, asuransi dan lembaga keuangan lainnya, diharapkan membuat kegiatan-kegiatan yang bisa memberikan dan literasi kepada seluruh masyarakat. ***

 

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE

error: Content is protected !!