Tingkatkan Ketahanan Finansial, Bank Jago Gelar Edukasi Pengelolaan Keuangan

 Tingkatkan Ketahanan Finansial, Bank Jago Gelar Edukasi Pengelolaan Keuangan

tips mengatur keuangan

Denpasar, Balikonten.com – Campaign.com berkolaborasi dengan Bank Jago, menggelar edukasi pengelolaan keuangan kepada generasi muda Indonesia, Rabu 13 April 2022, secara daring. Kegiatan ini dilatarbelakangi, kondisi masyarakat Indonesia yang masih memiliki tingkat ketahanan finansial yang rendah. 

Apalagi saat ini jelang Ramadan, yang identik dengan momen suka cita serta kumpul keluarga dan teman. Di sisi lain, Ramadan mendatangkan tantangan tersendiri bagi sebagian orang akibat pengeluaran yang meningkat seiring bertambahnya kebutuhan pokok dan kebutuhan hari raya.

Menurut laporan Strategi Literasi Keuangan 2021-2025 yang diluncurkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebanyak 26,8% masyarakat Indonesia hanya mampu bertahan selama satu minggu hingga satu bulan tanpa meminjam uang atau pindah rumah jika mengalami kehilangan sumber pendapatan. 

BACA JUGA:  UAS Berlangsung Daring, Grissa Juga Fasilitas Siswa Tak Mampu

Sedangkan sebanyak 19,2% masyarakat Indonesia hanya mampu bertahan selama kurang dari satu minggu. Meskipun tabungan kurang, sebagian besar masyarakat masih berharap hidup dari tabungan di masa tua.

Communications Manager Campaign.com, Laras Sabila Putri menuturkan bahwa pihaknya ingin mendorong anak-anak muda agar melek akan pengaturan keuangan dengan mengadakan serangkaian kegiatan edukasi. 

BACA JUGA:  Refleksikan Wawasan Kebangsaan, Rai Wirajaya : "Bali Kerap Jadi Percontohan Nilai Kebinekaan"

“Kami ingin mengajak anak-anak muda untuk mengelola keuangan dengan lebih baik, khususnya THR yang mereka dapat saat Ramadan melalui webinar yang menghadirkan certified financial planner. Selain itu ada kompetisi melalui Instagram untuk mengajak anak-anak muda berbagi cara mereka mengelola THR,” ungkap Laras.

Memiliki aspirasi untuk meningkatkan kesempatan tumbuh bagi jutaan konsumen dan bisnis, Bank Jago memahami bahwa konsumen menginginkan kemudahan dalam mengelola keuangan dengan tujuan berbeda.  Untuk itu Bank Jago ikut berkolaborasi dengan Campaign.com untuk membantu masyarakat Indonesia selangkah lebih Jago mencapai mimpinya.

BACA JUGA:  Lomba Busana Endek Dinas Meriahkan Gema Tridatu

“Melakukan perencanaan keuangan yang baik dan memberikan skala prioritas terhadap berbagai kebutuhan harian, merupakan langkah awal dalam peningkatan kesehatan finansial. 

Berkomitmen untuk menyiapkan generasi yang cakap dalam merencanakan keuangan, kerja sama ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mengelola keuangan lebih baik,“ ungkap Head of Sustainability Bank Jago Andy Djiwandono.

BACA JUGA:  Peringati Kemerdekaan RI, 55 Pegiat Sastra Modern Baca Cerpen Daring

Bank Jago memiliki komitmen untuk selalu mengedepankan aspek hidup sebagai prioritas utama dan aspek keuangan sebagai pendukungnya. Maka Bank Jago menyediakan solusi keuangan digital yang fokus pada kehidupan sehari-hari (life-centric finance solution) melalui aplikasi Jago.

Aplikasi Jago bertujuan membuat pengelolaan uang lebih mudah, kolaboratif, dan inovatif. Salah satu fitur andalan aplikasi Jago adalah Kantong (Pockets) yang memungkinkan nasabah untuk mengalokasikan uang, tabungan, dan pengeluaran untuk tujuan berbeda-beda. 

BACA JUGA:  Tiga SMA 1 Lolos Babak Semifinal Cerdas Cermat Bulan Bahasa Bali PDI Perjuangan Bali

Nasabah bisa membuat hingga 40 kantong yang dapat disesuaikan dengan tujuan keuangannya, termasuk memisahkan dana pribadi, keluarga, dan usaha. Menariknya, setiap kantong memiliki nomor rekening sendiri sehingga seperti memiliki 40 rekening bank dalam satu aplikasi.

Sementara itu Certified Securities Analyst Dani Rachmat mengatakan bahwa tunjangan hari raya (THR) biasanya membantu masyarakat untuk memperkuat kondisi keuangan. Namun tetap penting bagi kita untuk menentukan skala prioritas dan menempatkan kebutuhan sebelum keinginan. 

BACA JUGA:  Tahun Ajaran Baru 2020/2021, Sekda Ajak Guru Tingkatkan Jiwa Korsa

“Prioritaskan THR untuk melunasi utang konsumtif sebesar 30%, terutama yang berbunga mahal. Kemudian sisihkan untuk investasi sebanyak 20% dan memperkuat posisi keuangan. Setelah itu baru digunakan untuk belanja maupun kebutuhan lebaran sebesar 50%,” kata Dani.

Ia melanjutkan, anak-anak muda sekarang dapat menggunakan aplikasi Jago untuk mengatur keuangan dan THR. Agar dana tidak tercampur, dapat memanfaatkan fitur Kantong untuk membuat alokasi sesuai kebutuhan. Sementara fitur Rencanakan dapat digunakan untuk pembayaran utang secara otomatis.

BACA JUGA:  Pemerintah Ijinkan Buat Ogoh-ogoh, PHDI Ingatkan Yowana Tak Labrak Aturan

Tidak hanya mengedukasi masyarakat di Ramadhan ini, kolaborasi Campaign.com dengan Bank Jago mengajak anak-anak muda untuk berdonasi melalui kampanye sosial #JagoBerbagi selama April-Mei 2022. Caranya mudah, cukup menyelesaikan tantangan sederhana di aplikasi Campaign #ForChange dengan mengunggah tiga foto yang berkaitan dengan pendidikan. 

Setiap tantangan yang selesai akan dikonversi menjadi donasi sebesar Rp50.000 oleh Bank Jago. Nantinya seluruh donasi yang terkumpul akan disalurkan melalui organisasi nirlaba Happy Heart Indonesia untuk pembangunan sekolah di Nusa Tenggara Timur.

BACA JUGA:  Presiden UN General Assembly Kunjungi SMPN 3 Badung, Pantau Simulasi Tsunami

“Harapannya, dengan adanya kampanye sosial ini makin banyak anak muda yang tergerak untuk berpartisipasi membuat perubahan sosial,” sambung Laras. Sementara bagi Bank Jago, kampanye #JagoBerbagi merupakan salah satu bentuk dukungan untuk pendidikan di Indonesia agar anak-anak dapat selangkah lebih jago untuk mencapai mimpinya. [Red]

 

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE

error: Content is protected !!