Cok Mirah : Alumni, Reuni dan Koperasi

 Cok Mirah : Alumni, Reuni dan Koperasi

HARUS tetap produktif kala pandemi Covid-19. Pesan itu tersirat dalam gerakan alumni SMA Negeri 3 Denpasar yang sepakat membangun lembaga koperasi perempuan pada 11 Februari 2021 lalu. Koperasi yang diberi nama Katrisma Mandiri itu diketuai Cokorda Istri Mirah, yang juga pelaku ketua KSP Bali Satya Madani.

Diwawancarai Sabtu (13/2), Cok Mirah menerangkan terbentuknya koperasi Katrisma Mandiri ini dilandasi keinginan untuk berkontribusi kepada Yayasan Katrisma dan almamater.

“Kami melihat ternyata banyak alumni SMA Negeri 3 Denpasar yang memiliki UMKM, sehingga muncul ide membuat koperasi pemasaran. Jadi sekalian reuni, kami juga melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk kemajuan usaha masing-masing,” ujar Cok Mirah.
Bersama anggota koperasi Katrisma Mandiri yang didominasi pelaku UMKM, pebisnis tekstil ini akan terus melakukan sosialisasi agar keberadaan koperasi diketahui banyak orang khususnya alumni SMA Negeri 3 Denpasar.

“Kami sosialisasikan secara rutin melalui sosial media. Para anggota semangat sekali, apalagi pihak sekolah sangat mendukung,” ujarnya. Melalui gerakan ini, dia ingin membuktikan bahwa peran perempuan cukup strategis dalam mendukung penguatan ekonomi keluarga.
Sebagai koperasi pemasaran, Cok Mirah menjelaskan bahwa Katrisma Mandiri akan lebih banyak membantu mempromosikan produk UMKM.

“Kami juga akan lakukan pendampingan dan pelatihan, serta terkait persoalan modal kerja kami akan bersinergi dengan koperasi lain termasuk Koperasi Bali Satya Madani,” ujar Cok Mirah.

Kepala SMA Negeri 3 Denpasar, Drs. Ida Bagus Sudirga, M.Pd.H., mengatakan sangat mendukung pembentukan Koperasi Perempuan Katrisma Mandiri.

“Di SMA Negeri 3 Denpasar ini ada Yayasan Katrisma yang ingin mengembangkan kegiatannya melalui koperasi pemasaran. Ini bagus sekali untuk mengembangkan kewirausahaan, nanti tentunya akan berdampak juga pada anak-anak peserta didik di sini,” ucap Bagus Sudirga.

BACA JUGA:  Selly Mantra Ajak UKM Busana Tetap Harmonisasi Budaya 

Untuk itu ia berharap kepada pengurus koperasi agar terus mengembangkan koperasi sesuai dengan apa yang menjadi komitmen bersama. (801)

 

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE

error: Content is protected !!