Ikut Tangani Pandemi, 14 Kelompok Relawan Terima Penghargaan

 Ikut Tangani Pandemi, 14 Kelompok Relawan Terima Penghargaan

Foto/istimewa – Sekda bersama Kasatpol PP Provinsi Bali saat menyerahkan penghargaan kepada perwakilan kelompok relawan.

 

Denpasar, BaliKonten.com – Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra menyerahkan penghargaan kepada 14 kelompok relawan, yang ikut dalam penanganan pandemi Covid-19 di Provinsi Bali. Penyerahan berlangsung Kamis (30/7) di ruangannya, yang turut dihadiri Kepala Satpol PP Provinsi Bali, Dewa Rai Dharmadi.

Sekda menyebutkan, keterlibatan para relawan ini mendukung kinerja aparat, salah satunya mengawasi aktifitas di tempat karantina, di posko Satgas Gotong Royong, hingga di pelabuhan. Dia memahami betul situasi yang dihadapi oleh para relawan dalam pengabdiannya.

“Mulai dari konsumsi yang kurang hingga tempat tidur yang kurang nyaman, itulah dinamika yang dihadapi seorang relawan. Kami di pemerintahan, berupaya maksimal memenuhi kebutuhan para relawan,” ucap birokrat yang juga mantan Kepala BPBD Provinsi Bali.

Menurutnya berbagai ketidaknyamanan yang dirasakan selama bertugas justru memberi nilai plus. Sebab menurutnya, nilai kerelawanan ditentukan tingkat kesulitan dan ketidaknyamanan yang dihadapi di lapangan.

“Kalau tugasnya nyaman, di hotel, berAC, semua orang bakal mau jadi relawan. Sosok relawan itu adalah mereka yang mau mengambil pekerjaan yang tak mau diambil oleh orang lain. Jadi, makin tidak nyaman, maka makin tinggi bobot kerelawanan,” ungkapnya.

Sinergi antara pemerintah bersama relawan ini bukanlah hal baru. Sebelumnya, kelompok relawan juga terlibat dalam penanganan kebencanaan seperti saat erupsi Gunung Agung. Maka, dia berharap para kelompok relawan tetap bersinergi bersama pemerintah.

Kepala Satpol PP Provinsi Bali, Dewa Rai Dharmadi mengatakan, 14 kelompok relawan ini merupakan binaan Satpol PP Provinsi. Mereka bertugas secara legal, karena dilengkapi dengan surat penugasan dari Satpol PP.

BACA JUGA:  Tingkatkan Kemampuan Kerja Napi, Kalapas Kerobokan Hadirkan Instruktur Dinas Pertanian

Selain sertifikat, pihaknya juga berencana memberikan bantuan berupa smebako yang jumlahnya masih dikalkukasi. Kelompok relawan yang menerima penghargaan, antara lain Sai Rescue, Relindo, RAPI Bali, ACT Bali, CNPN, Alfa Team, ORARI Bali, Pacalang Bali, PYP Group, Bali Rescue, DSM, Senkom Mitra Polri, PMI Bali dan Yayasan Idep. (801)

 

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE