APD Berbagi Tips untuk Ibu Muda Mengasuh Anak, Gunakan Konsep Dasar Parenting

 APD Berbagi Tips untuk Ibu Muda Mengasuh Anak, Gunakan Konsep Dasar Parenting

DENPASAR, BALIKONTEN.COM – Tokoh muda Denpasar, Anak Agung Istri Paramita Dewi atau lebih dikenal dengan APD, menilai ibu muda punya tantangan besar dalam mengasuh anak.

 

Hal ini disebabkan perkembangan jaman, kebutuhan dan teknologi. Misalnya kebiasaan anak bermain gawai, yang banyak menimbulkan masalah serius terhadap anak.

 

Namun, pendidikan moral dan juga etika harus menjadi pondasi dalam mengasuh anak. Maka dia mengajak ibu-ibu muda untuk menerapkan konsep dasar parenting.

 

Ini merupakan salah satu konsep dalam upaya mewujudkan SDM yang unggul.

 

“Secara praktik, konsep ini dimana orang tua menjadi pembimbing, pengasuh anak-anak. Intinya memberi contoh yang baik, mulai dari perilaku, hingga cara bicara yang baik,” ungkapnya ketika diwawancarai Selasa 24 Oktober 2023 di Denpasar.

 

APD sendiri merupakan ibu muda dengan empat anak. Di tengah kesibukannya dalam berbagai kegiatan adat dan sosial, dirinya selalu meluangkan waktu untuk mengasuh anak.

 

Dalam waktu-waktu singkat ini, APD melakukan pendekatan seperti responding, monitoring dan modeling.

 

Responding, yakni menangkapi secara tepat setia pertanyaan anak. Sehingga anak mendapat informasi yang valid, dan dapat menjalankan keseharian dengan baik.

 

Monitoring, membantu anak untuk melakukan kegiatan mereka yang positif. Hal ini membentuk karakter anak, sehingga mengetahui kemana arah perkembangan mereka.

 

Dan modeling, merupakan menjadi orang tua sebagai sosok panutan. Sosok orang tua menjadi acuan anak-anak dalam berperilaku. “Pada intinya kita harus peduli, akan lebih baik anak ketika berkembang dengan perhatian yang baik,” pungkasnya. ***

 

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE

error: Content is protected !!