UMKM Lokal Kedepankan Kecepatan Pengiriman, Paket YES Jadi Andalan

 UMKM Lokal Kedepankan Kecepatan Pengiriman, Paket YES Jadi Andalan

Prihartono setia menggunakan JNE dalam menjalankan UMKM miliknya. Dia puas dengan layanan JNE yang cepat dan informatif.

Denpasar, Balikonten.com – Pengiriman barang yang cepat dan mudah untuk dikonfirmasi menjadi satu penilaian penting bagi pelaku UMKM dalam memilih jasa pengiriman. Sebab, layanan serba cepat itu diutamakan UMKM untuk bersaing di tengah tumbuhnya UMKM baru di tengah pandemi Covid-19.

 

Hal itu diungkapkan Prihartono, salah satu pelaku UMKM lokal Bali yang berjualan produk olahraga utamanya sepatu olahraga. Baginya, kecepatan pengiriman menjadi daya saing untuk memenangkan kompetisi di dunia bisnis.

 

“Iya karena konsumen maunya cepat sampai barangnya. Untuk order dari luar Bali misalkan dari Jakarta saya pakai JNE begitu juga saat mengirim di Bali saya pakai JNE,” ujarnya saat diwawancarai di Denpasar Rabu 29 Desember 2021.

 

Keunggulan pengiriman yang cepat membuatnya menerima orderan yang konsisten. Hal ini menjawab dari kecemasannya terhadap penurunan order akibat pandemi Covid-19. Dia meyakini layanan ini juga sangat membantu UMKM lagi, utamanya UMKM yang baru tumbuh.

 

“Disadari atau tidak kecepatan dalam mengirim barang adalah kebutuhan bagi pelaku UMKM. Hal ini sejalan dengan peralihan metode penjualan dari konvensional menjadi digital, sehingga jangkauan penjualan semakin luas,” terangnya.

 

Bukan saja mengandalkan kecepatan namun dia juga menilai pelayanan oleh kurir. Selama ini dia sangat nyaman karena kurir selalu melakukan konfirmasi saat akan mengirim barang ke tempat yang ia tujukan.

 

Pelayanan oleh JNE ini menurutnya sangat penting bagi UMKM untuk memastikan status dan keberadaan barang. Dengan begitu pengiriman barang kepada konsumen yang dapat dilakukan lebih lancar.

 

“Iya ini salah satu suka duka jualan online. Kita harus tahu status dan posisi barang kita sehingga pengiriman barang sesuai jadwal, kita sebagai penjual juga tenang dan lega,” ujarnya yang juga seorang wasit sepak bola ini.

BACA JUGA:  HUT ke 122, Pegadaian Denpasar Kunjungi Panti Asuhan di Bali - Nusra

 

Sebagai pengguna JNE dia juga merasa nyaman karena keterbukaan informasi terkait pengiriman barang sangat dijamin, sebab kurir JNE selalu memberikan informasi terlebih dahulu.

 

Hal ini sangat membantunya untuk tampil sebagai UMKM yang memiliki kualitas, yang bermuara kepada peningkatan penjualan di tengah pandemi covid 19.

 

Dia bersyukur dengan adanya layanan cepat itu dirinya dapat mengembangkan dan menjalankan usaha online nya yang ia bangun sejak tahun 2020 lalu.

 

“Jadi kalau kurir mau ngirim itu selalu menghubungi saya sebelumnya memastikan saya ada di rumah kalau pun tidak ada di rumah dia akan menaruh barang tersebut dan mengkonfirmasi dengan foto di mana dia menaruh barang tersebut,” akunya.

 

Selama ini dia menggunakan paket YES JNE, dan selalu tepat waktu. Untuk urusan harga menurutnya harga di JNE telah sesuai dengan layanan yang diberikan. Juga terdapat paket lain, yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Maka bagi dia pelayanan JNE yang paling recommended di tengah pandemi covid 19 ini sehingga dia bisa mengembangkan usahanya.

 

Di kota Denpasar sendiri saat ini terdapat sekitar 32.026 UMKM yang tercatat di dinas koperasi UMKM kota Denpasar. Jumlah tersebut akan terus meningkat seiring upaya pemerintah memberi kemudahan akses pelatihan permodalan hingga pemasaran produk.

 

Salah satu wadah yang dibangun oleh pemerintah provinsi Bali dalam mendukung pengembangan UMKM adalah pameran Bali bangkit yang pada tahun 2021 telah memasuki periode keempat.

 

Wadah tersebut di bertujuan mengenalkan produk UMKM lokal Bali yang memiliki kualitas tinggi dan mampu bersaing dengan produk nasional dan internasional.

 

Pemerintah provinsi Bali juga menampilkan sejumlah produk UMKM Bali di bandara internasional I Gusti Ngurah Rai bersanding dengan sejumlah produk bermerek berskala internasional.

BACA JUGA:  Tim Juri BUMN CSR Award Tinjau PLN Bali, GM Sebut Komit Salurkan CSR Terhadap Empat Bidang

 

Ketua Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Putu putri mengungkapkan rasa bahagia sekaligus rasa bangganya atas dukungan dan kerjasama yang diberikan oleh stakeholder terkait dalam rangka memutar kembali roda perekonomian di masa pandemi seperti saat ini. (red)

 

#JNE31Tahun

#JNEMajuIndonesia

 

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE

error: Content is protected !!