Pengantaran Berkas Bisa Dilayani Aplikasi, Pemkot Pastikan Data Warga Aman

 Pengantaran Berkas Bisa Dilayani Aplikasi, Pemkot Pastikan Data Warga Aman

Denpasar, Balikonten.com – Pemerintah Kota Denpasar berupaya layanan publik tetap prima di tengah pembatasan aktifitas akibat pandemi Covid-19. Salah satunya menjalin bersinergi bersama jasa berbasis aplikasi. Terbaru, Pemkot menjalin sinergi bersama Grab untuk melayani pengiriman dan pengambilan berkas.

Demikian dikatakan Kepala Disdukcapil Denpasar, Dewa Gde Juli Artabrata pada Kamis (17/12) saat memimpin rapat kerjasama dengan pihak Grab di Denpasar. Kata dia, kerjasama ini memungkinkan warga memanfaatkan fitur milik Grab untuk mengirim dan mengambil berkas kependudukan.

Sebelumnya Pemkot juga telah bekerjasama dengan Gojek, dan masih terjalin hingga saat ini. Meski kegiatan dilakukan berbasis aplikasi, Juli mengimbau masyarakat tidak khwatir terkait keamanan data warga. “Keamanan dan kerahasiaan dokumen warga tetap terjaga,” ujarnya.

Kata dia, layanan antar-ambil melalui Gojek telah dilaksanakan pada bulan September lalu dan akan terus dievaluasi guna meningkatkan pelayanan. Sementara sinergi bersama Grab akan dilakukan 30 Desember mendatang, sehingga diharapkan mampu beroperasi pada Januari 2021.

“Kami berharap kedua layanan ini memberikan manfaat kepada warga yang tidak harus datang ke kantor Disdukcapil, tinggal menunggu di rumah dengan memanfaatkan aplikasi ini,” ujarnya.

Dijelaskan bahwa layanan yang diberikan oleh Grab hampir serupa dengan layanan sebelumnya dari Gojek. Dengan adanya kedua layanan transportrasi online ini dapat melengkapi layanan yang bisa dipilih masyarakat.

Sebelumnya lewat layanan Si Taring (Sistem Pendaftaran Daring), Disdukcapil juga menawarkan pengambilan berkas bisa dicetak mandiri dari rumah, mencetak langsung ke Disdukcapil, mencetak mandiri di Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Kini, mencetak berkas adminduk tetap di Disdukcapil pun bisa dibantu melalui layanan Gojek maupun Grab.

BACA JUGA:  Spesial Akhir Tahun 2023, Klaim Kode Redeem Terbaru Mobile Legends (ML) Jumat, 29 Desember

“Masyarakat yang melaksanakan pengurusan dokumen adminduk melalui layanan Si Taring akan mendapatkan notifikasi disertai dengan link untuk pengambilan berkas. Selanjutnya, masyarakat dapat memilih layanan pengambilan,” ujar Dewa Juli.

Kedua pelayanan transportrasi online ini telah dipersiapkan loket khusus. Dari empat loket yang disediakan Disdukcapil, disiapkan dua loket khusus bagi layanan GoSend dari Gojek dan Grab. Dari masing-masing mitra driver akan mengantarkan dokumen dari titik penjemputan di rumah warga ke Kantor Disdukcapil untuk diproses.

Jika dokumen kependudukan telah selesai diproses, Disdukcapil akan mengirim dokumen tersebut ke warga melalui layanan GoSend maupun dari Grab. (801)

 

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE

error: Content is protected !!