Gerakkan Ekonomi, Kesiman Budidaya Pepaya “California” Bersama Warga

 Gerakkan Ekonomi, Kesiman Budidaya Pepaya “California” Bersama Warga

Denpasar, Balikonten.com – Padat Karya Tunai yang digarap secara swakelola menjadi program Desa Kesiman untuk menghadirkan sumber pendapatan bagi warga yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Program ini diwujudkan dengan budidaya pepaya California di lahan milik Subak Kesiman Kertalangu.

“Pogram ini untuk memberikan tambahan penghasilan bagi warga masyarakat Desa Kesiman Kertalangu yang kehilangan pekerjaanya,” ungkap Perbekel Desa Kesiman Kertalangu, I Made Suena, Jumat (18/12) di Denpasar. Mengawali permodalan, pihaknya menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

“Tahap awal, dilakukan penanaman pohon pepaya california sebanyak 300 biji bertempat di Subak Kesiman Kertalangu,” terangnya. Dia menjelaskan, jenis pepaya ini cocok dikembangkan karena cepat panen dan berkali-kali. Dampak lainnya, progra. Ini akan dijadikan sebagai objek wisata petik buah pepaya.

Oleh karena itu dalam kegiatan ini pihaknya melibatkan warga yang kehilangan pekerjaan dan warga yang tidak memiliki pekerjaan. Saat ini tercatat sebanyak 22 orang mengikuti program Padat Karya Tunai Swakelola ini. Hasil panen, nantinya akan dibagi kepada anggota kelompok padat karya tunai, dan warga kurang mampu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kota Denpasar IB Alit Wiradana mengatakan, pihaknya selalu memberikan apresiasi dan memberikan dukungan kepada desa dalam membantu masyarakat yang kehilangan pekerjaan karena pandemi covid 19. (801)

 

 

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE