PDIP Pelopori Lomba Bahasa, Sastra dan Aksara Bali, Koster Siapkan Hadiah Kejutan Bagi Peserta

 PDIP Pelopori Lomba Bahasa, Sastra dan Aksara Bali, Koster Siapkan Hadiah Kejutan Bagi Peserta

Suasana Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali di Kantor DPD PDIP Provinsi Bali.

Denpasar, Balikonten.com – DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali menjadi pelopor pelestarian sastra dan aksara Bali, melalui Utsawa Widya tTarka atau Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali serangkaian HUT ke 48 PDIP dan peringatan Bulan Bung Karno 2021.

Hal itu disampaikan Ketua DPD PDIP Provinsi Bali, Wayan Koster, saat menyaksikan babak final Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali, Senin (14/6) di Kantor DPD PDIP Provinsi Bali, Denpasar.

“PDIP sebagai partai yang berdasarkan idologi Pancasila dan menjalankan ajaran Bung Karno, khususnya Tri Sakti Bung Karno, berkewajiban menjalan hal ini agar kearifan lokal terjaga baik,” ujarnya.

Politisi yang juga Gubernur Bali ini menyebutkan, upaya ini dilakukan untuk menjawab era globalisasi yang menjadi tantangan berat dalam pelestarian budaya, khususnya bahasa Bali.

“Ini ideologi partai yang diajarkan Ketum Megawati Soekarno Putri, untuk selalu merawat budaya di Bali,” terangnya.

Koordinator Loba Cerdas Cermat Susastra Bali, I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi menerangkan kegiatan ini diikuti peserta jenjang SD, SMP dan SMA dari seluruh kabupaten/kota. Masing-masing jenjang diikuti sembilan regu yang telah melalui seleksi ketat.

“Melihat antusias anak-anak sekolah, kegiatan ini akan menjadi program rutin dari PDI Perjuangan,” ujarnya. Dia menerangkan, kegiatan ini merupakan implementasi dari program Gubernur Bali melalui visi Nangun Sat Kerti Loka Bali.

Pelestarian bahasa, sastra dan aksara Bali ini menurutnya penting dilakukan di tengah kemajuan era globalisasi. Sehingga acara ini diharapkan dapat mengajegkan kearifan lokal yang dimiliki Bali itu.

“Tindaklanjut dari lomba ini, kami akan terus melakukan lomba Bahasa Bali, pelatihan dan juga webinar. Para wakil rakyat juga perlu mengikuti pelatihan, sehingga dapat menjadi contoh,” tuturnya.

BACA JUGA:  Wujudkan Pariwisata Berkualitas, Gus Yoga Sebut Penggunaan VOA Harus Selektif

Soal hadiah, dia mengatakan untuk juara regu janjang SMA mendapat Rp15 juta, SMP Rp10 juta, sedangkan jenjang SD mendapat Rp7,5 juta. Guna memotivasi para peserta, dalam kesempatan itu Gubernur juga menyiapkan hadiah kejutan.

Dia juga mengajak para Ketua DPC untuk ikut berkontribusi memberi hadiah. “Di luar panitia, akan ada kejutan. Nanti diberikan dalam bentuk tabungan BPD Bali,” ungkapnya.

Untuk diketahui, juara regu yang mengikuti babak final yakni SDN 1 Mengwi, SDN 6 Gianyar, SDN 4 Subagan, SMPN 1 Mendoyo, SMPN 2 Semarapura, SMPN 1 Tabanan, SMAN 1 Abiansemal, SMKN 1 Amlapura, SMA Pariwisata Saraswati Klungkung. (Red)

 

IKUTI KAMI DI GOOGLE NEWS UNTUK INFORMASI LEBIH UPDATE

error: Content is protected !!